TENTANG SIWAK DAN SUNNAHNYA


Tentang Siwak dan Kesunnahannya.


Siwak adalah dahan atau akar dari pohon tertentu yang digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut.

قال الشيخ زكريا الأنصاري: 
(ﻭﺳﻦ اﺳﺘﻴﺎﻙ) ﻣﻄﻠﻘﺎ ﻟﺨﺒﺮ اﻟﻨﺴﺎﺋﻲ ﻭﻏﻴﺮﻩ «اﻟﺴﻮاﻙ ﻣﻄﻬﺮﺓ ﻟﻠﻔﻢ»

Disunnahkan menggunakan siwak secara muthlak untuk membersihkan gigi, gusi, lidah dan mulut. Kesunnahan ini didasarkan atas hadits yang diriwayatkan oleh Al Nasai, yang maknanya: "Siwak merupakan kebersihan bagi mulut" dalam riwayat lain disebutkan tambahan: "dan merupakan hal yang diridlai oleh Allah".

Setiap akan melakukan shalat disunnahkan untuk menggunakan siwak, begitu pula saat hendak berwudlu, ketika bangun tidur atau kondisi-kondisi lainnya.

Jika kita mau berhitung, tentu kita dapatkan berapa banyak kondisi yang memang sepatutnya kita menggunakan siwak.

Saat kita mencermati, hal ini menunjukkan betapa besarnya perhatian islam terhadap kebersihan.

قال الشيخ زكريا الأنصاري:
(ﻭ) ﺳﻦ ﻛﻮﻧﻪ (ﻋﺮﺿﺎ) ﺃﻱ: ﻓﻲ ﻋﺮﺽ اﻷﺳﻨﺎﻥ ﻟﺨﺒﺮ ﺃﺑﻲ ﺩاﻭﺩ «ﺇﺫا اﺳﺘﻜﺘﻢ ﻓﺎﺳﺘﺎﻛﻮا ﻋﺮﺿﺎ» ﻭﻳﺠﺰﺉ ﻃﻮﻻ ﻟﻜﻨﻪ ﻳﻜﺮﻩ.

Metode penggunaan siwakpun juga sudah diajarkan oleh nabi, beliau menganjurkan untuk menggunakan siwak secara horizontal, artinya membersihkan gigi dengan alur dari bagian gigi kanan ke kiri, bukan dari atas ke bawah. Sedangkan menggunakannya dari atas ke bawah atau sebaliknya hukumnya makruh, seperti yang dijelaskan oleh shaikh Zakariya Al Anshari dalam kitabnya Fathul Wahhab.

Agar siwak senantiasa nyaman dipakai, anda bisa mempersiapkan kayu yang tidak terlalu keras (seukuran sikat gigi) lalu dilembutkan bagian ujung (lebih mudahnya lihatlah gambar). Bagian yang lembut digunakan untuk membersihkan gigi dan sekitarnya, seusai anda gunakan bisa dicuci sekira hilang baunya dan kembali bersih agar bisa digunakan kembali.

Pernah saya mendengar bahwa ada seorang dokter gigi yang ahli berkata: "seandainya setiap orang rajin menggunakan siwak, niscaya kami tak akan laku lagi".

Sudah menggunakan sikat gigi, apakah masih butuh siwak..?

Sangat perlu, karena selain kesunnahan yang dianjurkan dalam agama, siwak juga memang baik bagi kesehatan gigi. Sebenarnya alasan kesunnahan siwak sudah cukup bagi seorang yang beriman untuk menggunakannya, namun siwak tetap memiliki beberapa manfaat yang berhubungan dengan kesehatan gigi dan lainnya.

Penting bagi orang tua untuk mengajarkan anaknya tentang disunnahkannya siwak, biar tertanam sejak dini bahwa islam sangat menganjurkan kebersihan, dan menjelaskan bahwa siwak merupakan hal yang memang dianjurkan oleh baginda nabi. Seperti inilah cara kita mencintai anak, tidak dengan memberikan setiap kebutuhan duniawi yang ia inginkan, tapi lebih berpusat pada pemberian apa yang memang dibutuhkan, baik urusan agama maupun duniawi.


EmoticonEmoticon