Apakah di hanti anda ada maksiat ini .??

Baik lah sobat kali ini kita akan membahas apa apa saja maksiat yang terdapat di dalam hati manusia, hati merupakan pengatur dalam tubuh manusia dan apa jadi nya bila pengatur tersebut melakukan banyak maksiat.
baik lah mari kita lihat bersama apakah dalam hati kita memiliki maksiat berikut ini, maka inilah dia maksiat maksiat yang terdapat dalam hati.

1.Riya yang dimaksud dengan riya adalah melakukan amal kebaikan karna manusia artinya iyalah agar dia di puji oleh manusia maka perbuatan yang iya lakukan tidak lah mendapat kan pahala di sisi allah melaikan dosa yang di peroleh nya

2.ujub jadi yang selanjut nya ujub apa sih yang di maksud dengan ujub itu maka arti ujub ialah memperlihat kan kebaikan yang iya lakukan itu semua bersumber dari dia, dia menyakini bahwa kebaikan yang iya lakukan itu adas dasar kehebatan nya padahal sebenar nya setiap perbuatan baik yang di lakukan manusia itu atas pertolongan dari Allah swt.manusia tidak mampu melaksanakan sekecil apapun kebaikan tampa pertolongan dari Allah.

3.Ragu akan adaya allah dan akan adanya sifat sifat yang layak dan sempurna bagi Allah, seperti ragu apakah Allah itu bersifat abadi, mengetahui ,azali dan sifat dua puluh lain nya.

4.merasa aman atas dosa yang dilakukan nya dan menyakini bahwa dosa nya itu akan di ampuni Allah namun di sisi lain dia terus mengerjakan dosa secara terus menurus dengan keyakinan rahmat Allah akan selalu ada untuk nya.

5.putus asa dari  rahmat Allah iya menyakini bahwa Allah tidak akan mengampuni dosa nya yang begitu besar dengan demikian dia su’udzan terhadap Allah dan juga menyakini bahwa Allah tidak memperdulikan diri nya
.
Dalam madzhab hanafi no 4 dan 5 itu dapat menyebab kan seseorang menjadi kufur
Sedangkan dalam madzhab syafii tergolong dalam dosa besar.

6.Sombong terhadap hamba hamba Allah,dan sombong ini terbagi dua jenis
1.menolak kebenaran atas apa yang di sampaikan orang lain baik karna orang yang menyampaikan kebenaran itu lebih rendah posisi nya atau pun dia tidak mau menerima kebenaran
2.memandang remeh terjadap orang lain menganggap dia lah yang paling hebat dan orang lain semua tidak ada apa apa nya bagi nya.
Dan orang sombong ini akan di bangki kan allah pada hari kiamat sekecil semut.

7.Dengki. dengki iyalah menyimpan rasa permusuhan terhadap saudara saudara nya yang muslim yang akhir nya permusuhan itu di jalan kan tampa hak terhadap yang lain nya



Maka itulah beberapa maksiat yang di lakukan hati dan lain kali saya akan membahas beberapa maksiat yang terdapat di hati lagi,maka apakah maksiat yang tadi itu ada pada diri kita maka jika ada cepat cepat untuk bertobat dan berusaha menghilangkan maksiat tersebut. Karna setiap maksiat yang kita lakukan akan membaut hati manusia semakin keras dan akhir nya akan susah menerima apa pun kebaikan yang di sampaikan oleh orang lain terhadap kita, selagi umur kita masih ada maka cepat lah minta maaf terhadap Allah dan berjanji tidak akan melakukan maksiat itu lagi.

2 comments

Terima kasih atas peringatan dan nasihat.. semoga dihindari drp hati yg lalai..


EmoticonEmoticon