Inilah Arti Dari Taqlid


Ada Kaum Anti-Taqlid Lalu akan Mefitnah Setiap Muslim yang Bertaqlid dengan Berbagai Macam Tuduhan.
.
Apa Sih Arti Taqlid ? .
🔊Mengikuti pendapat seseorang dengan tanpa bisa membuktikan benar-salahnya pendapat itu, meskipun mengetahui sepenuhnya bahwa bertaklid padanya boleh.
.
Bertaqlid itu ada yang hukumnya haram dan ada yang hukumnya halal bahkan wajib. Tergantung siapa yang bertaqlid dan kepada siapa dia bertaqlid, serta dalam masalah apa ?
.
Taqlid yang haram adalah taqlid kepada orang yang bukan ahli di bidangnya.
_____
Misalnya bertaqlid kepada orang jahil yang tidak mengerti ilmu syariah dalam masalah hukum halal dan haram.
_____
Taqlid kepada orang seperti ini hukum 100% haram.
_____
Sebab orang seperti ini tidak bisa memberi petunjuk, karena dirinya adalah orang jahil yang tidak punya ilmu.
____
Lalu Bagaimana Jika Seorang Itu Alim Bahkan Al Hafidz (Menghafal 300.000) hadist atau Bahkan Hujjatul Islam Apakah Masih Di Sebut Taqlid ? Tentu Saja Masih Dan Memang Seorang yang Bertaqlid ! KENAPA BISA ? Itu Karena Orang yang Alim , Hafal Quran , Hadist , Jadi Imam Sekalipun Mereka Tidak Mampu Membuat Metodelogi Dasar Serta  kemampuannya masih sebatas mengetahui dalil dan tidak sampai mengaplikasikan metodologi dan segala sesuatu yang berhubungan dengan penggalian hukum.
______
Kedua Para Imam Sesudah Imam 4 Mereka Semua Di Sebut Muqallid Seperti Bukhari , Muslim , Tirmidzi, Baihaqi , Ibnu Hajar dll Mereka Itu Mengikuti Produk Dari Imam Mazhab Mereka Masing-masing Makanya Mereka Tetap Di Sebut Muqallid (Orang Bertaqlid) Pada Salah satu Mazhab , Contoh Imam Ibnu Hajar Asqalani Beliau Muqallid Mazhab Syafi'i dll     from: from @anti_wahabi_takfirii1


EmoticonEmoticon